750 grammes
All our cooking blogs Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
Le Contre temps

Mengenal Jenis-jenis Kopi di Indonesia

March 8 2016 , Written by ron wesley Published on #kopi indonesia

Secara umum di Indonesia terdapat dua jenis kopi; Kopi Robusta dan Arabica. Sekilas mata tidak ada perbedaan nyata dari kedua biji kopi ini. Kita hanya bisa membedakannya dari bentuk pohon dan warna buah ketika masak.

Kopi arabica biasanya tumbuh di daerah dataran tinggi, buahnya lebih sedikit bila dibandingkan dengan kopi robusta. Pohonnya bisa tumbuh tinggi menjulang dan hidup berpuluhan tahun. Rasa kopi arabica lebih asam daripada kopi robusta. Nh jika anda kadang merasakan ada rasa asam pada sebuah kopi itu artinya anda sedang mencicipi kopi arabica.

Kopi arabica banyak tumbuh di sumatera, terutama asala sumatera utara dan aceh. Kopi gayo termasuk dalam varian kopi arabica ini itulah mengapa kopi aceh terasa ada rasa asam-asamnya ketika diminum.

Kopi yang bagus akan terlihat keemasan ketika diseduh, ketika bubuk terbenam ke dasar gelas maka warna hitam keemasan akan terlihat di bagian atas, itu adalah tanda sebuah kopi kualitas tinggi. Biasanya rasa kopi seperti ini akan melekat di lidah, dan mampu menghangatkan perut.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post